Program Studi Teknologi Informasi

(Teknologi Perbankan Syariah)

Tentang
Program Studi Teknologi Informasi

Program studi yang unggul di Bidang Teknologi Informasi dengan kekhususan perbankan syariah berbasis digital berdaya saing Nasional dengan menghasilkan lulusan berkompeten dalam menerapkan Teknologi Informasi kekhususnya di Industri mikro Keuangan Syariah dan Governance and Technology Infrastructure, Network Administrator and Desigener Infrastructure, Data Architect, Akademisi dan Pelaku Bisnis bidang Teknologi Informasi. Program Studi Teknologi Informasi telah mengadopsi perkembangan dunia IT terkini yang diterapkan ke dalam kurikulum pembelajaran sesuai dengan KKNI dan peta okupasi.

Visi dan Misi

agsdi-eye

Visi

Menjadi Program Studi Teknologi Informasi yang mampu menghasilkan lulusan profesional, memiliki keunggulan dibidang keuangan perbankan syariah berbasis teknologi informasi digital di ASEAN pada tahun 2030

agsdi-rocket-3

Misi

  • Melaksanakan kegiatan tridharma perguruan tinggi, menerapkan ilmu pengetahuan teknologi informasi berbasis perbankan syariah digital dengan selalu mengikuti perkembangan terkini.
  • Mengembangkan penelitian yang kreatif, inovatif, berkualitas dan berkontribusi di bidang teknologi informasi khususnya dalam pengembangan dan pengelolaan teknologi informasi terintegrasi.
  • Menghasilkan lulusan di bidang teknologi informasi dengan ke khasan perbankan syariah berbasis digital, tata kelola, dan rancang bangun yang mampu beradaptasi di dunia industri.

Profil Lulusan

Program Studi Teknologi Informasi lebih berfokus untuk mempersiapkan lulusannya agar memahami kebutuhan teknologi pengguna dalam sebuah organisasi melalui pemilihan, pembuatan, penerapan, integrasi dan konfigurasi dari teknologi komputasi. Lulusan dari program studi iniharus memilih solusi teknologi komputer yang sesuai kebutuhan organisasi, mengintegrasikan solusi tersebut pada sistem dan infrastruktur yang dimiliki organisasi, serta menginstalasi, menyesuaikan, mengamankan dan mengelola teknologi komputer tersebut bagi para penggunanya dalam sebuah organisasi.

IT Infrastructure Planner

Digital Banking Developer

Network and Database Administrator

Security Networking

IT Consultant

Business Analyst

Mata Kuliah Inti

Organization and Infrastructure Computer

Mata kuliah ini mengulas evolusi dan kinerja komputer dari generasi 1 sampai 6, struktur interkoneksi komponen komputer yang dikenal dengan istilah sistem bus, memori terutama cache, internal dan external memori, modul I/O dan CPU sebagai komponen komputer dan lain-lainnya.

Data Communication

Mata kuliah ini mempelajari pengetahuan konsep dasar komunikasi data, arsitektur dan protokol komunikasi data, media transmisi data, interface data communication, datalink controliing, serta deteksi dan koreksi kesalahan protokol.

Big Data

Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa tentang teknologi informasi untuk memanipulasi, menyimpan, dan menganalisis Big data. akan diajarkan Algoritma machine learning . Solusi penyimpanan NoSQL, basis data residen memori (VoltDB, SciDB) dan juga akan diajarkan basis data grafis (Ne4J) .

Communication and Information Technology

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi baik itu dari perangkat keras dan lunak komputer yang secara umum untuk mempermudah pekerjaan manusia

IT Infrastructure Library (IT-iL)

Mata kuliah ini membahas tentang dasar pengetahuan tentang kerangka kerja yang membahas tentang cara penyampaian layanan IT dalam hubungan organisasi, bisnis dan perusahaan.

Fiqh Muamalah

Materi mata kuliah ini membahas konsep akad mulai dari jual beli, riba, sewa menyewa, syirkah, pegadaian, perwakilan, jaminan, pengalihan utang-piutang, serta pembahasan hukum bisnis on-line yang sesuai dengan hukum Islam sebagai bekal dasar untuk mempelajari dan mempraktikan cara mengelola harta benda. Konsep materi dalam mata kuliah ini juga diperlukan sebagai bekal dasar untuk mempelajari cara mengelola harta benda tingkat lanjutan.

Networking

This course studies basic knowledge of computer network models and their ways and uses, basic concepts of data communication, LAN installation and standardization, computer network protocols and standard layers and client-server.

Artificial Intelligent

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar kecerdasan buatan yang meliputi agen intelligent, strategi pencarian tanpa informasi dan tanpa informasi, logika proposisi, fuzzy ligic dan algoritma genetika.

Product and Akad Sharia

Mata kuliah ini mempelajari pengetahuan dasar tentang produk dan akad perbankan syariah. hal ini bertujuan supaya mahasiswa mampu mengembangkan dan merancang sistem perbangkan syariah dengan mudah.

Contact Us

Jl. Harsono RM, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550
(021) 29712000
+62819-0818-0819
     +6281-911-922-933
 itnb@bri-institute.ac.id

Follow Us