Senin 18 November 2019, BRI Institute merayakan Dies Natalis yang pertama dengan menyelenggarakan acara Seminar Fintech Internasional yang dikemas dalam acara BRInnovate 2019 dengan tema “From a Global Microfinance Pioneer to a Leading Human Capital in Financial Technology”, dalam acara ini BRI institute mendeklarasikan sebagai : “The First Fintech University in Indonesia”. dalam seminar ini menghadirkan pembicara dari berbagai bidang diantaranya dari Akademisi, dari peaktisi dan dari Regulasi / Pemerintah.

Dalam acara ini dilaksanakan pula penandatanganan MoU antara Bank BRI dengan MIT (Massachusetts Institute of Technology) di bawah payung MIT Industrial Liaison Program, dan juga BRI Institute dengan Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH). Dengan ditandatanganinya dokumen tersebut, diharapkam memperkuat keberadaan BRI Institute sebagai FinTech University.

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank BRI, Bapak Indra Utoya mengatakan “Kegiatan  ini menggambarkan peran penting dari BRI Institute bagi Bank BRI dan grup anak perusahaannya untuk menyiapkan tenaga profesional muda dengan kompetensi yang future-proof dalam bidang teknologi informasi dan ilmu keuangan,” .

Rektor BRI Institute,Prof. Dana Saroso mengatakan BRI menjadi pionir di bidang mikro finance, namun seiring dengan perkembangan digital dibutuhkan SDM yang tidak hanya unggul dalam mikro finance melainkan juga fintech. Kerja sama dengan MIT bisa memperkuat perkembangan SDM yang berkualitas.